Filsafat Pendidikan Islami

 FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

PROF. DR. AHMAD TAFSIR

TANGGAL 26 MARET 2011

HP. 0811 – 21 – 7608

 

·     Lihat buku : al-falsafah al-tarbiyah al-islamiyyah al-syaibani

·     what’s the nature of the world stuff

·     proses tasawuf : takhalli – tahalli – tajalli

·     tuhan telah mati dihati mereka ‘tuhan is thut’ god is dead’

·     a priori   aposterian, kebenaran a priori adalah kebenaran yang tidak menuntut pembuktian misalnya 3 lebih besar dari 2.

·     bagaimana “pengaruh filsafat jika masuk ke pesantren?”

·     pendidikan islami, teorinya diambil dari al-qur’an al-hadits tetapi kalau pendidikan sekuler diambil dari rasio.

·     filsafat pendidkan islami diambil dari arti attarbiyah al-islamiyah

·     filsafat yunani : tugas manusia ialah menjadi manusia

·     strife …. love (bermusuhan dan cinta)

·     filosof muslim pertama al-kindi

·     agama tidak bertentangan dengan filsafat.

·     perspektif filsafat abstrak

·     filsafat bisa masuk ke semua bidang

·     92 % alqur’an bersifat dhan dan 8 % bersifat qot’I atau muhkam

·     matematik itu filsafat makanya susah untuk anak SD

·     kenapa pendidikan Islami?

·     apa beda filsafat dan ilmu ?

·     abad ke 8 sampai 13 tidak dikotomi dalam ilmu

·     perahu nabi nuh, bekas kuda kaki firaun, bendungan ma’arij yang membuktikan adalah orang kafir. tetapi mereka tidak masuk islam, karena agama keyakinan bukan hnya pengetahuan.

·     ilmu itu bisa berujung kepada keyakinan

·     isi alqur’an semua logis (masuk akal) tetapi tidak semua rasional

·     logis itu ada dua; logis rasional dan logis supranatural

·     orang sufi jarang berdoa tetapi bermunajat.

·     seperti munajat robiah : ya allah orang – orang sudah pada tidur, kami hanya menunggu disini.”

·     ya rob ya rob…ya latif ya latif….

·     beda antara doa orang sufi dan orang fiqh

·     ihya ulumuddin dikarang 9 tahun Selama uzlah

·     kebaikan jika dalam keadaan puncak akan mencapai nikmat

·     tugas manusia adalah menjadi manusia

·     tugas pendidikan adalah membantu manusia menjadi manusia.

·     sebelum mengajar berarti gurunya dilatih dulu agar menjadi manusia

·     pendidikan gagal karena arah penddikan tidak focus untuk menjadikan manusia

·     system pendidikan berbasis kompetensi muncul tahun 56 diamerika sekarang sudah ditinggalkan oleh amerika diindonesia malah masih berkutat disitu.

·     kemampuan berbasis kompetensi di amerika disamakan dengan kemampuan kerja.

·     kognitif, afektif dan psikomototik itu awalnya pembagian kisi kisi untuk ujian Negara demi kompetensi kerja

·     pada awalnya lulus SMA, pemikirannya berkembang dan punya kemampuan bekerja

·     tau shalat, mau shalat dan bisa shalat.

·     motor skill bukan psikomotorik

·     filsaafat itu berada diatas awan, karena tidak mengurus dunia

·     filsafat adalah rujukan membuat undang-uandang

·     sama seperti pancasila, karena pancasila itu adalah filsafat

·     pancasila itu di salurkan dalam bentuk undang-undang atau hukum

·     membantu itu, karena kita mengetahui bahwa anak didik kita punya potensi.

·     fitrah itu potensi menurut ali syariati tetapi menurut  prof tidak. ‘faman syaa a fal yu’min wa man sya a falyakfur”

·     kata ‘membantu’ tidak memastikan hasil’

·     makanya kalau merumuskan itu jangan ‘mencetak’ karena mencetak itu genteng

·     mencetak secara filsafat kurang pas. karena setiap orang berbeda potensi dan kemampuannya.

·     disamping membantu adalah “keprihatian”.

·     ‘keprihatian’ ini harus ditanamkan di guru dan da’I .

·     lezat, nikmat, fakta ………….perbuatan jahat

·     jauh, susah, abstrak………..perbuatan baik

·     makanya perbuatan jahat itu lebih mudah

·     assyaibani, ---jasmani, akal, rohani

·     di barat hanya jasmani dan akal

·     filsafat itu hanya membecarakan hal hal strategis, atau yang umum saja. kalau masalah teknis diatur oleh ‘ilmu’ pendidikan.

·     pertanyaan ‘mengapa’ itu lebih menarik disbanding ‘kapan’ dan ‘berapa’

·     manusia yang disebut manusia dalam yunani : 1. manusia yang baik adalah manusia yang mempunyai pengendalian yang tinggi—ini adalah inti taqwa. 2. menyelesaikan masalah dengan akalnya, kita masih sering menyelseaikan masalah dengan otot. (ada cerita, shabat imam ja’far shodiq menyangka bahwa yang thawaf itu semuanya haj mabrur, kemudian imam ja’fa membukakan mata bashirohnya dan terntyata yang thawaf manusia itu seditik, sisanya ular, binatang dll ), 3. menjaga lingkungan dan jangan membuat gaduh ditempat orang yang sedang istirahat

·     kalau mau membuat sekolah :  fhilosopi (pandangan hidup), pertimbangan stkholder,

·     manusia yang bisa mengatur dirinya dan alam

·     humanism

·     rasionalisme … kebenaran itu dicari dan diukur dengan akal

·     orang barat itu sampai memikirkan tuhan karena tidak sampai, dan hanya terrbatas rasionalisme saja

·     khan (antinomy), berikan sekeranjang dalil tentang adanya tuhan nanti saya kasih sekeranjang dalil tentang tidak adanya tuhan

·     mudah-mudahan, ya apa boleh buat ….perkataan barat ini menunjukkan adanya tuhan

·     perilaku barat itu penjelmaan dari filsafat mereka…yang melejitkan potensi mereka sebagai manusia.

·     filsafat islam membongkar ---a. al-qur’an dan b. alkaun sedangkan filsafat barat hanya membongkar a. alkaun

 

 

perkuliahan 9/4/2011

·     Buku M.M Syarif “the history & muslim fhilosofy” baca buku ini

·     ada filsafat, ada tasawuf, ada fiqh, fiqih berada di tengah, kemudian disatukan oleh hikmah mutaaliyah --- mulla sadra yang menyatukan filsafat dan tasawuf

·     imam ghazali : orang yang sedang menjalankan perjalanan rohani, selangkah lagi harus menghentikan kerja akal

·     mu’tazilah : tafakkaru fi kholqillah wala tafakkaru fi dzatihi

·     robiah : mahabbah, al-ghazali: ma’rifat, al-hallaaj: wihdatul wujud,

·     arti mahabbah : jika anda sudah sangat cinta berbuat baik maka anda sedang mahabbah

·     sebagian sufi : zuhud itu lari dari dunia, tetapi menurut abdul qadir jaelani

·     filsafat itu : berfkir mendalam (radix:radikal) artinya yaitu berpikir terus, maka dari itu filsafat dimulai dengan bertanya dan diakhiri dengan bertanya.

·     beda dengan radikal dari asal kata radical

·     mu’tazilah : nasib ditangan manusia dan allah hanya merestui (cocok untuk sosialisasi KB)

·     “berpikir radikal” itu ialah berpikir yang tidak empiric

·     radikal: mendalam berarti mencari akar masalah: terus menerus

·     kalau filsafat pendidikan itu lebih kepada pencarian tugas tentang pendidikan

·     Einstein IQ nya 180, tap tidak naik kelas 2 kali karena gurunya jenius-jenius

·     IQ, EQ, SQ seharusnya IQ, EI, SI (I maksudnya intelejent)

·     penguji IQ harus seorang psikologi, karena itu termasuk ilmu psikologi.

·     Cerdas menurut simoy binet: dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat

·     menurut Simoy keberhasilan seseorang tergantung IQ nya kemudian dibantah oleh gulaeman bahwa seseorang berhasil itu harus mempunyai Emotional intelejent yang tinggi makanya digagasla (EI), karena catatan dia orang yang IQ nya tingga banyak yang tidak berhasil pula

·     peningkatan EQ itu yang terbaik adalah dengan pendidikan agama (akhlak----sufistik)

·     aplikasi filsafat pendidikan adalah pembuat gagasan

·     paraclet : kata nabi musa, bahwa akan datang setelah kami paraclet, maka ikutilah ia. paraclet itu adalah Muhammad

·     orang barat itu pegangannnya: ilmu(dipikir), filsafat(dipikir), agama (nuzul: diterima begitu saja)sedangkan orang islam itu peganyanga : ilmu, filsafat (rasional), dan mistik (supra rasional)

·     makanya dibarat harus disekulerkan antara ilmu filsafat dan agama (harus dipisah).

·     logic ada 2 : rasional dan suprarasional, dan mu’jizat termasuk suprarasional

·     kalau ingin belajar filsafat beneran harus menggalkan agama

·     definisi filsafat adalah GAGASAN

·     definisi filsafat yang kedua :

·     perubahan itu paling efektif melalui pendidikan

·     idealis : plato, aristo: materialis

·     konsep kepemimpinan : (siapa yang paling berhak memimpin) (pertama: saya, keluarga, suku, bangsa, global), diindonesia masih banyak yang memimpin karena selain global)

·     Zaman itu ada zaman batu, perunggu, roda, digital. diindonesia masih ada empat jaman itu, makanya sulit maju.

·     CTL : Constuktif

·     Esensial : pembentukan kepribadian dan teknologi (seperti kursi itu esensinya adalah tempat duduk dan sandaran) (kalau tempat duduk saja bangku, kalau sandaran saja tembok)

·     definisi adalah penyebutan esensial dan pembuangan accidential.

·     allah mengingatkan bahwa manusia sering tertipu dengan “azzinah” atau accessories, yang bukan esensi.

·     GURU :

·     guru ideal yang utama adalah Nabi karena ia manusia, ada yang lebih ideal, adalah Allah, tetapi Allah sulit dipelajari.

·     ketika nabi masih hidup saja sulit untuk menjadikannya sebagai guru. karena nabi itu dilindungi oleh Allah, punya mu’jizat, dll, dan hal ini yang mengiring prof. ahmad tafsir memiliki mursyid. (yaitu abah anom)

·     batara guru…..

·     peningkatan ibadah --à hamba, buruh, wajar, senanng

·     mata kuliah “pendidikan karakter guru” seperti ada “pendidikan karakter pembisnis” dan ini bisa meluas seprti “pendidikan karakter da’I”

·     syarat, tugas, sifat guru dapat di baca di buku ilmu pendidikan dalam perspektif Islam

·     syarat guru : sayang kepada muridnya seperti sayang kepada anaknya, kalau dibarat yang pertama adalah keahlian, menurut konsep barat, kemudian tidak cacat fisik seperti buta (konsep barat)

·     yang dimaksud sayang kepada muridnya adalah “prihatin”

·     di dalam islam konsep guru ke murid adalah pembentukan kepribadian

·     untuk sementara ruh dan qolb di samakan, karena esensinya sama

·      

 

pembiayaan sekolah

·       selama ini kita mengenal bahwa ‘mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim’. makanya seperti di NU semua anak mulai dari tingkat rendah menengah dan tinggi harus mengenyam bangku pendidikan

·       kalau Muhammadiyah berfikiran cari ilmu dengan cara mahal.

·       mahal itu harus , hotel dan restaurant saja mahal harganya.

·       sumber yayasan Islam harus ada sumber dana yang jelas

·       harus ada ekonomi pendidikan di mata kuliah

·       tetapi jika dilihat dari kenyataan sejarah seperti madrasah annizamiyah di bagdad sepertinya tidak selalu demikian. sekolah harus bagus dan bisa jadi mempunyai keuntungan, bahkan menurut cerita bisa sampai 28 ton emas.

·       memang sesorang dituntut ikhlas dalam mengajar. tetapi apa definisi ikhlas yang sebenarnya. ikhlas itu artinya wajar dan natural .

·       menurut saya sekolah itu harus mahal, untuk orang miskin solusinya adalah beasiswa

·       sekolah bagus itu menurut penilaian orang salah satunya : prestasinya akademik tinggi dan anak tidak nakal. (itu saja sudah cukup mengangangkat nama sekolah).

·       pembiayaan sekolah : 1) SPP, 2) Hibah/Sumbangan, 3) Membuat perusahaan/Bisnis

·       menurut imam prayogo (uin malang) : harus ada orang gila kalau mau maju, tapi jangan semua gila.

·       kemajuan itu terjadi karena ada hasrat ingin lepas atau ingin rindu (strife/love)

·       manusia itu kalau pintar semua, maka tidak ada orang pintar (itu kodrati dari Allah), makanya jangan menuntut pintar atau kaya semua. Maka tingkat kemampuan itu penting dalam pelajaran.

·       filosofi “zaujaein”. KB wajib : alasannya : hidup itu harus punya perencanaan.

·       TETAPI pembiayaan itu bukan faktor pertama rendahnya mutu pendidikan tapi lemahnya penguasaan metode pendidikan islami.

·       pemerintah menggratiskan sekolah itu salah. yang perlu sekolahkan wali murid untuk anaknya.

·       yang cerdas saja harus di bina apalagi yang tidak cerdas

·       Akhlak : Inti pendidikan manusia adalah akhlak.

·       nabi diutus untuk memperbaiki akhlak. makanya akhlak itu harus menjadi filosofi sekolah.

 

 

650 – 200 SM = Filsafat Yunani Kuno

200 SM – 1600 M = Filsafat Abad Tengah/ Filsafat abad ke 8

1600 M – 1950 M = Filsafat Modern

1950 M – Sekarang = Post Modern Filosofi

Filsafat Yunani = 1. Sophis = Parmadidis, protogaros, grogoras, heraktos. 2. SPA, Scoratos, Plato, aristoteles

·       pada masa itu sudah ada istilah : kebenaran itu tidak ditentukan dengan jari yang diangkat

·       kebenaran itu adalaha bukan ‘salah’

·       Assyaibani : filsafat pendidikan Islam : Materi filsafat pendidikan Islam :

a.  Pengantar, silabus, definisi

b.  hakikat manusia

c.   hakikat pendidikan Islam

d.  tujuan pendidikan Islam

e.  program/kurikulum

f.    guru, murid dan pendidikan

g.  proses

h.  preses

i.     kelembagaaan

j.     quiz

k.   kelembagaan

l.     evaluasi

·       Para filosof perang melawan Persia dengan 1000 tentara. setelah itu menetap dipersia, makanya filosof iran-irak itu pintar-pintar karena gen dari Yunani

·       Iran itu sangat solid karena bertarekat, seperti tasawuf dan imamnya ma’sum

·       tahun 325 ----trinitas, allah, roh kudus dan isa

·       seni sudah tersekularisasi di abad pertengahan, kemudian disusul dengan agama dan sains juga tersekularisasi

·       1789 --- revolusi prancis, ini awal mulanya sekularisasi dalam bidang politik

·       renesains kemabali lagi mengulang rasionalisme yunani kuno

·       inti dunia adalah sekularisme

·       semakin tinggi pendidikan semakin tidak ekstrim

·       pintar sudah --- tapi belum ---bijaksana—

·       tetapi kalau filosofis --- berarti ---bijaksana, karena filosofis = bijaksana

·       seni setelah di bebaskan dari agama maju, filsafat dan sians juga maju setelah dilepas dari agama

·       post modern filosofy = bahwa kebenaran tidak hanya dari rasio belaka, tetapi bisa dari orangtua, jibril dll

 

filsafat pendidikan islam 21/5/2011

·       orang yang korupsi jangan menjadi fokus hukuman tetapi sistem yang harus dirubah agar tidak terjadi korupsi

·       apa yang di pikirkan oleh mereka orang – orang yang sangat bertakwa : rasulullah pernah mengajak abu bakar siddiq untuk berjihad fi sabilillah, kata abu bakar sudah ya rasulullah ambil saja itu semua

·       Abu yazid al-bustomi pernah beli kurma, kemudian ada semut satu diplastik terbawa, dan ia kembali lagi kepasar bukan untuk apa apa, melainkan untuk mengembalikan semut itu.

·       umar menyuruh menyembelih satu kambing dari yang jumlahnya ribuan tetapi tidak mau karena Allah maha melihat.

·       orang dulu itu sangat lembut lembut

·       -----------------------ILMU APA INI? --------------------kata orang barat

·       hanya agama dan filsafat saja yang bisa menjawab cerita diatas tadi bukan dengan sciencitik atau komputeristik

·       kalau sciencitik/ komputeristik itu mah ilmu murahan, makana kenapa guru agama dan filsafat itu kurang begitu PD? padahala agama dan filsafatlah yang membentuk dunia.

·       MAZHAB PRAGMATIS : Pemikiran amerika itu awalnya pemikiran james

·       pragma itu artinya berguna

·       guna = material = yang dekat

·       menurut james : agama itu jika membuat anda benar, jujur, dll, maka agama itu perlu (berarti jika tidak membuat benar, jujur maka tidak perlu beragama)

·       berbeda dengan kita, menurut kita beragama itu karena diperintah Allah swt

·       maka niat itu penting sekali

·       seperti haji --- niat di perintah allah, tetapi kalau setelah itu ia korupsi, maka itu dosa dia , tetapi haji,,,, adalah perintah dari allah swt.

·       makanya jangan suka mencela anak ketika sholat, walaupun banyak salah, biarkan saja, karena ia menjalankan apa yang diperintah Allah swt.

·       sayangilah orang yang membenci anda

·       kalau menyusun kurikulum, hati-hati terjebak pragmatism

·       pragmatis sifatnya duniawi

·       islam itu bukan pragmatism

·       MAZHAB KONSTRUKTIVISME

·       Mazhab filsafat untuk proses pendidikan bukan untuk menentukan mata pelajaran

·       dalam mata pelajaran, sebaiknya muridlah yang membuat KESIMPULAN

·       Dibarat sudah dibiasakan dari kecil ngomong, walaupun salah tapi harus ngomong

·       berbeda dengan diindonesia, males ngomong walaupun benar

·       seharusnya proses pembelajaran kepada siswa bagaiaman mereka membuat suatu kesimpulan

·       CTL…

·       misalnya adil adalah …………………………..

·       semakin banyak macamnya, semakin banyak penafisrannya maka semakin bagus

·       cerita abu nawas tentang definisi adil dan roti, sangatlah menarik

·       ada beberapa kata yang sering didengar dan jangan terlalu di definisikan seperti sabar, ikhlas, tanggaung, adil, tawakkal, dll

·       PENDIDIKAN INKLUSIF

·       yang paling bagus di polandia

·       berasal dari pemikiran “EDUCATION FOR ALL” melayani pendidikan untuk semua orang

·       misalnya: mau belajar fotografi 2 orang, harus dilayani

·       kalau mau “plus” harus dari yang diluar kurikulum

·       plusnya “ makan bubur kacang hijau” misalnya di waktu dhuha.

·       misalnya: plusnya muttahari adalah filsafat

·       hidayah itu = logika

·       kalau mau bicara “ pus” caranya dnegan jalan pendidikan inklusi

·       PP. zaitun, à over lodingà makanya ditinggal orang

·       kurangi beban anak, sehingga pertumbuhan badan mereka menjadi tidak sempurna

·       tempat pendidikan = rumah tangga-masyarakat-sekolah

·       lembaga pendidikan=non formal-formal

·       bentuk mendidik/kinerja=informal-formal

·       rumah tangga itu dulu mungkin pendidikan pertama dan utama tetapi sekarang tidak berlaku lg.

·       non formal : kurikulumnya tidak untuk menjadikan warga Negara sedangkan formal : kurikulumnya untuk menyiapkan warga Negara yaitu dengan mempelajari pelajaran 7 : yaitu math, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Agama, PKN, Bahasa Inggris

·       Inti supaya sekolah bagus itu pertama ada di KEPALA SEKOLAH/ Manager

·       kultus itu musuhnya kreativitas

·       KHARISMA kyai ada kekuarangan dan kelebihannya.

·       kyai kharismatik bisa mengayomi di pesantren tetapi kharismatik juga dapat mematikan kreatifitas

·       hati hati permulaan tulisan dapat menentukan akhir tulisan

·       kalau pejuang kalah seperti “NII” pasti dia akan membentuk generasi,kaderisasi dan sejenisnya

·       “V” Memes, Value memes “iman di dalam kalbu” Iman yang kuat yang memecahkan permasalahan/ problematika “compeksitas”

·       kalbu itu harus selalu hidup karena kalbu itu yang mengendalikan hidup

·       ada dosen yang selalu menanyakan ‘kalbu’ saat ujian disertasi

·       masalah pendidikan diindonesia  adalah masalah akhlak/ karakter

·       kalau masih “metode ceramah” dalam pembentukan akhlak/karakter maka tidak akan berhasil

·       caranya adalah dengan tauladan, motivasi, dan pembiasaa

·       makanya “kenapa hadits nabi pendek – pendek?”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Pendidikan

Filsafat Pendidikan Islam